Video Planet Kerdil (Haumea) yang Diselimuti Es - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Jumat, 20 Mei 2011

Video Planet Kerdil (Haumea) yang Diselimuti Es

haumea, planet kerdil
Ada lagi planet yang disebut Haumea, yaitu planet kerdil berbentuk aneh, dan diperkirakan salah satu dari dua bulan yang ia miliki mengandung es.

Planet Haumea ( planet kerdil ) mempunyai ukuran lebar seluas 1.960 kilometer. Bentuknya lonjong dan merupakan planet kerdil kelima yang teridentifikasi milik Matahari kita. Planet Haumea mempunyai jarak 35 kali lebih jauh dibanding jarak Matahari dengan Bumi. Planet Haumea memiliki bobot sepertiga massa Pluto.

Orbit planet Haumea ( planet kerdil ) ini berada di sekitar sabuk Kuiper, dan tepat berada di belakang Pluto. Bentuk lonjongnya diperkirakan disebabkan oleh periode rotasinya yang super cepat yakni 3,9 jam saja.

Ia pertamakali ditemukan pada tahun 2003 lalu oleh sekelompok astronom Amerika Serikat di Cerro Tololo Inter-American Observatory. Awalnya ia diberi nama 2003 EL61, sebelum diganti menjadi Haumea, nama seorang dewi penduduk Hawaii yang melambangkan kesuburan.

Tidak seperti benda lain di sabuk Kuiper, Haumea tidak terdiri dari campuran es dan batu dalam jumlah yang imbang, melainkan kerak es yang menyelimuti interior yang berbatu.

Di bawah ini adalah videonya :


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done