Unsur Pembentuk Kehidupan Ditemukan di Meteorit - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Selasa, 21 Desember 2010

Unsur Pembentuk Kehidupan Ditemukan di Meteorit

Para ahli astronomi dari NASA telah menemukan asam amino, fondasi dasar pembentuk kehidupan, pada meteorit yang jatuh di utara Sudan pada tahun 2008, ungkap sebuah penelitian terbaru.

Asam amino yang merupakan cikal bakal dari protein, ditemukan secara tidak sengaja di dalam fragmen meteorit tersebut. Asam Amino sebelumnya ditemukan di ragam meteorit dingin yang kaya akan karbon. Akan tetapi untuk pertama kalinya substansi tersebut ditemukan pada meteorit yang masih panas (sekira 1.100 derajat celcius).

"Suhu seekstrim itu mungkin akan membunuh organisme jenis apapun di dalamnya," ujar Daniel Glavin, seorang astrobiologis dari Goddard Space Flight Center milik NASA, yang juga adalah pimpinan dari penelitian ini, dikutip melalui National Geographic, Selasa (21/12/2010).

"Awalnya kami kira untuk membuat asam amino dalam asteroid adalah di suhu yang dingin. Akan tetapi penemuan ini menyatakan bahwa ada cara lain untuk membentuk asam amino," ungkap Glavin.


"Penemuan ini juga mendukung teori bahwa unsur kehidupan di Bumi dihantarkan oleh asteroid," tambahnya.

Meteorit ini merupakan pecahan dari asteroid berukuran 4 meter yang memasuki orbit pada tahun 2008. Tumbukan sekira 15 juta tahun yang lalu telah mengirimkan asteroid tersebut ke Bumi, yang akhirnya memasuki orbit planet kita bulan Oktober 2008. Ketika para ilmuwan menelusuri gurun dalam penelitian ini mereka menemukan hampir 600 pecahan meteorit yang berasal dari hujan meteor.

"Menemukan bukti asam amino dari meteorit adalah sebuah hal yang besar karena ini kita bisa mempelajari zat-zat kimia pembentuk kehidupan di Bumi," kata Glavin.

"Meteorit-meteorit ini ikut berkontribusi dalam menyumbangkan asam amino dalam perkembangan awal Bumi, juga planet lain di tata surya kita, Mars contohnya," tutup Glavin.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done