Bintang Meledak Dekat Galaksi Bima Sakti - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Rabu, 08 Juni 2011

Bintang Meledak Dekat Galaksi Bima Sakti

Bintang Meledak Dekat Galaksi Bima Sakti. Satu lagi bintang baru telah berhasil dideteksi oleh beberapa astronom amatir dari Perancis. Bintang tersebut terdeteksi dalam pemantauan PTF Sky Survey yang dilakukan pada tanggal 31 Mei sampai dengan 1 Juni yang baru lalu serta berada di lengan galaksi tetangga kita yang terdekat dekat, yakni M51.

Bintang Meledak Dekat Galaksi Bima Sakti. Peristiwa ditemukannya bintang baru tersebut juga berhasil didokumentasikan oleh peralatan baru milik Martin Kraar Obesrvatory di Weizmann Institute, dan juga Wise Observatory milik Tel Aviv University di Mitzspe Ramon, Israel.

Bintang Meledak Dekat Galaksi Bima Sakti. Saat ini, bintang yang lahir akibat meledaknya supernova tersebut sedang dipelajari oleh tim peneliti internasional, termasuk di antaranya dari Israel, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan negara-negara yang lainnya.

Bintang Meledak Dekat Galaksi Bima Sakti. Supernova terakhir yang diamati di M51, sebuah galaksi berjarak 26 juta tahun cahaya dari Bumi, terjadi pada tahun 2005 lalu. Dikutip dari Daily Galaxy, 8 Juni 2011, supernova diperkirakan muncul sekitar 1 kali dalam 100 tahun di galaksi manapun.

Bintang Meledak Dekat Galaksi Bima Sakti. Seringnya fenomena supernova yang terjadi di M51 dapat dijelaskan dari interaksinya dengan galaksi lain yang sangat dekat. Kedekatan ini menyebabkan proses terbentuknya bintang berukuran raksasa menjadi semakin cepat.

Akibat cepatnya proses pembentukan bintang raksasa, terjadi pula percepatan hancurnya bintang berukuran sangat besar yang menimbulkan ledakan supernova.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done