4 Mitos di Seputar Supermoon - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Minggu, 19 Februari 2017

4 Mitos di Seputar Supermoon

supermoon 2012
info antariksa-Supermoon atau bulan purnama terbesar pada 2012 tampak menghiasi langit pada Sabtu lalu. Ada 4 mitos yang menghiasi penampakan bulan yang disebut lebih besar dan terang bila dibandingkan dengan bulan purnama normal.

Penyebutan supermoon dipakai dalam menamai bulan purnama yang orbit noncircular-nya berada pada titik paling dekat dengan Bumi. Kondisi bulan yang demikian menyebabkan bulan berada pada sekitar 221,802 mil atau 356.955 kilometer jauhnya dari Bumi.

Supermoon bukan sekedar lebih terang, melainkan juga membawa beberapa mitos dan fakta menyertai penampilannya yang super. Dibawah ini, info antariksa menyebutkan 4 hal menarik seputar fakta dan mitos yang menyertai supermoon.

Supermoon tampak lebih besar

Supermoon akan kelihatan lebih besar ketika naik ke atas langit. Para ilmuwan sendiri belum mengetahui betul alasannya. Supermoon akan kelihatan lebih besar bila sedang berada di dekat horizon.

Tampilan bulan yang tampak lebih besar, menurut para ilmuwan, hal dipengaruhi oleh ilusi Bulan dalam pikiran kita. Cara membuktikan hal tersebut adalah dengan membandingkannya pada penghapus atau benda-benda kecil lain.

Peganglah benda tersebut (penghapus atau benda kecil lainnya) di tangan dan bandingkan dengan ukuran Bulan seiring kenaikannya ke atas langit. Lakukan lagi hal yang sama di tengah malam ketika Bulan sudah berada pada posisi tertingginya, maka ukuran Bulan tidak akan berubah.

Efek supermoon tidak akan menghancurkan bumi
 
Kekhawatiran bahwa supermoon akan menghancurkan bumi adalah tidak benar. Supermoon tidak akan menghancurkan Bumi meskipun memang ada tarikan gravitasi ketika Bulan mendekat. Walaupun Bumi, Bulan dan Matahari berada satu garis yang memicu purnama, supermoon tetap tidak mempunyai efek menghancurkan Bumi.

Memang diakui, Bulan dan Matahari sedikit menekan Bumi. Bila diperhatikan dengan baik-baik ketika benda-benda tersebut sedang sejajar akan kelihatan aktivitas tektonik mengalami peningkatan yang sangat kecil..

Cahaya supermoon lebih terang dari badai meteor

Saat supermoon, cahaya bulan lebih terang dari badai meteor. Pada akhir pekan ini, badai meteor tahunan Eta Aquarid mencapai puncaknya. Akan tetapi supermoon menjadikannya tidak terlihat karena  kalah terang, kecuali meteor yang paling terang.

Gambar Bulan purnama yang sangat besar merupakan tipuan fotografi

Telah beredar beberapa gambar Bulan purnama yang sangat besar. Perlu diketahui bahwa itu adalah tidak benar karena hanya merupakan tipuan fotografi. Barangkali Anda sudah pernah menyaksikan gambar Bulan purnama yang sangat besar tampak di balik gunung atau pepohonan. Semua itu merupakan efek dramatisasi gambar bulan dengan menggunakan lensa telephoto atau teleskop.

Demikian informasi seputar fakta dan mitos dibalik supermoon yang diinfokan oleh antariksainfo.com

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done