Bintang Raksasa Bersinar terang, Tapi Apakah sendirian ? - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Sabtu, 04 Juni 2011

Bintang Raksasa Bersinar terang, Tapi Apakah sendirian ?



Super-bintang terang biasanya ditemukan di pusat dari gugus bintang yang penuh sesak, tapi para ilmuwan telah menemukan bahwa salah satu bintang yang paling terang diketahui sebenarnya adalah serigala sendirian.

Penemuan ini mungkin akan mengubah cara berpikir para astronom akan bintang-bintang lahir dan akhir dari mereka sendiri.

Bintang raksasa, yang disebut VFTS 682, kira-kira 150 kali massa matahari. Itu terletak di Awan Magellan Besar, galaksi tetangga kecil Bima Sakti .

"Kami sangat terkejut menemukan seperti bintang raksasa sendirian, dan tidak dalam kelompok bintang yang banyak," kata peneliti Joachim Bestenlehner, seorang mahasiswa di Armagh Observatory di Irlandia Utara. "ini adalah asli misterius."

Sebuah tim astronom internasional mendeteksi bintang menggunakan Observatorium Eropa Selatan's Very Large Telescope . Hal ini membuat rumah di sebuah pembibitan bintang, sebuah patch raksasa gas, debu dan bintang-bintang muda yang merupakan wilayah pembentuk bintang paling aktif di Grup Daerah galaksi kita sebut rumah.

Sebuah bintang raksasa terang

Pada awalnya, peneliti berpendapat VTFS 682 panas, muda dan cerah, tapi diluar kebiasaan.

Namun, setelah menganalisis cahaya secara lebih intens, mereka menemukan bahwa kita hanya sedang melihat fraksi cahaya, dengan banyak energi bintang yang semakin diserap dan tersebar oleh awan debu sebelum mencapai Bumi. Mereka memperhitungkan itu jauh lebih bercahaya daripada pikiran sebelumnya, peringkat di antara bintang-bintang terang yang dikenal.

Bintang super-terang juga sangat panas, dengan suhu permukaan sekitar 90.000 derajat Fahrenheit (50.000 derajat Celcius). Sebagai perbandingan, matahari kita hanya memiliki suhu permukaan sekitar 10.000 derajat F (5.500 derajat C).

Walaupun bintang ini tampaknya berada di luar setiap gugus bintang sekarang, VFTS 682 sangat tidak jauh dari cluster bintang yang sangat kaya RMC 136, sering disebut hanya R 136, yang berisi beberapa yang mirip "superstar."

"Hasil penelitian baru menunjukkan bahwa VFTS 682 adalah kembar identik yang dekat dengan salah satu bintang terang di jantung dari kelompok bintang R 136," kata peneliti Paco Najarro di Pusat Astrobiology di Madrid.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done