Monyet ke Luar Angkasa - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Jumat, 17 Juni 2011

Monyet ke Luar Angkasa

Langkah awal bagi Iran untuk mengirim manusia ke luar angkasa

Iran mempunyai rencana akan mengirim monyet hidup ke luar angkasa saat musim panas yang akan datang. Pengiriman monyet tersebut dengan menggunakan roket the Kavoshgar-5.

Rencananya Roket the Kavoshgar-5 akan diluncurkan pada Bulan Mordad yaitu antara 23 Juli hingga 23 Agustus, dengan membawa kapsul seberat 285 kilogram. Dalam Kapsul tersebut berisi monyet. Ketinggian yang hendak dituju adalah 120 kilometer.

Bulan Februari yang lalu, Presiden Mahmoud Ahmadinejad telah me-launching kapsul ruang angkasa yang memang didisain atau dirancang khusus untuk membawa monyet ke ruang angkasa. Peluncuran itu dilakukan bersama dengan empat prototipe satelit baru made in dalam negeri Iran sendiri dan diharapkan dapat diluncurkaan sebelum tahun 2012.

Peluncuran hewan besar ke ruang angkasa yang dalam hal ini adalah monyet merupakan langkah pertama untuk mengirim manusia ke luar angkasa. Rencana pengiriman manusia itu sendiri oleh pemerintah Iran pada 2020 yang akan datang. Pada tahun 2010 Iran telah mengirim hewan-hewan kecil ke luar angkasa, seperti tikus, kura-kura, dan cacing menggunakan roket Kavoshgar-3. Di samping itu, Iran juga mengumumkan rencana peluncuran satelit pengintai Fajr pada Oktober mendatang dengan masa orbit nerkisar kurang lebih 1,5 tahun. Dan penempatannya pada ketinggian 400 kilomater di atas bumi.

Rabu 15 Juni 2011, Iran juga telah berhasil mengirim satelit observasi Rassad-1 pada orbit 260 kilometer di atas bumi. Rassad-1 dalam mengorbit bumi sebanyak 15 kali dalam 24 jam serta memiliki masa hidup dua bulan. Fungsi utama satelit Rassad-1 adalah untuk memotret bumi.

Sejak tahun 2009, Iran telah berhasil menempatkan satelitnya di orbit luar angkasa. Program ambisius Iran ini memperoleh perhatian serius dari Barat. Barat mempunyai kekhawatiran bahwa agenda luar angkasa Iran ini berhubungan dengan pengembangan kemampuan misil balistik nuklirnya. Tudingan mieng ini tentu saja dibantah oleh Iran.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done