Teleskop luar angkasa Spitzer - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Kamis, 09 Juni 2011

Teleskop luar angkasa Spitzer

Teleskop luar angkasa Spitzer (sebelumnya disebut Space Infrared Telescope Facility, SIRTF , Fasilitas Teleskop Inframerah Luar Angkasa) adalah observatorium angkasa inframerah. Ia merupakan Observatorium Besar yang ke-empat dan terakhir.

Teleskop luar angkasa Spitzer. Periode misi tersebut yang direncanakan adalah 2,5 tahun dengan perkiraan pra-peluncuran bahwa misi tersebut bahwa misi itu dapat diperpanjang hingga lima tahun atau sedikit lebih lama hingga pasokan helium cair di dalamnya habis. Menurut komentar yang dibuat pada siaran web Around the World in 80 Telescopes, heliumnya diperkirakan habis pada waktu "kapan saja". Operasi berkelanjutan dari detektor (satu-satunya instrumen yang beroperasi dalam teleskop hangat) adalah mungkin, namun menghadapi pendanaan yang tidak menentu.

Teleskop luar angkasa Spitzer. Untuk menjaga tradisi NASA, teleskop itu diganti namanya setelah demonstrasi operasi yang berhasil, pada 18 Desember, 2003. Tidak seperti kebanyakan teleskop yang diberinama dari nama astronom yang wafat oleh satu komite ilmuan, nama untuk SIRTF didapat dari kontes yang dibuka untuk umum.
Hasilnya adalah ia diberinama untuk menghormati Lyman Spitzer, salah satu ilmuan besar abad ke-20. Dialah yang pertama kali mengusulkan penempatan satu teleskop besar di luar angkasa pada tahun 1946.

Teleskop Spitzer yang bernilai US$800 juta ini diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station, dengan roket Delta II 7920H ELV, pada Senin, 25 Agustus 2003 jam 13:35:39 UTC-5 EDT. Ia mengikuti orbit yang agak ganjil, heliosentrik bukan orbit geosentrik, bergerak mengikuti dan menjauh dari orbit Bumi kira-kira 0,1 satuan astronomi per tahun (ini yang disebut orbit "mengikuti bumi"). Cermin utamanya berdiameter 85 cm, f/12 dan dibuat dari berilium serta didinginkan pada suhu 5,5 K. Satelit itu terdiri dari tiga instrumen yang memungkinkannya melakukan pencitraan astronomis dan fotometri dari 3 sampai 180 mikrometer, spektroskopi dari 5 sampai 40 mikrometer, dan spektrofotometri dari 5 sampai 100 mikrometer.



Informasi umum NSSDC ID 2003-038A Organisasi NASA / JPL / Caltech Kontraktor utama Lockheed Martin Ball Aerospace Tanggal peluncuran 25 Agustus 2003. Diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida. Kendaraan luncur Delta II 7920H ELV. Lama misi 2,5 sampai 5+ tahun (sudah berjalan 3 tahun, 9 bulan, dan 27 hari). Massa 950 kg. Tipe orbit Heliosentrik. Periode orbit 1 tahun. Lokasi Mengorbit Matahari. Gaya teleskop Ritchey-Chr├ętien Panjang gelombang 3 sampai 180 mikrometer. Diameter 0,85 m. Panjang fokus 10,2 m. Instrumen IRAC kamera inframerah IRS spektrometer inframerah MIPS jajaran detektor inframerah jauh.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done