10 Negara Paling Beresiko Tabrakan Asteroid - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Minggu, 19 Februari 2017

10 Negara Paling Beresiko Tabrakan Asteroid

asteroid tabrak bumi
10 negara paling berisiko | Sebagaimana diinformasikan sebelumnya bahwa ada 4700 asteroid yang membahayakan bumi. Temuan NASA tersebut sekanjutnya menjadi acuan studi para ilmuwan. Berdasarkan perhitungan cermat, para peneliti dari University of Southhampton berhasil mengidentifikasi bahwa ada 10 negara yang paling berpotensi mengalami kerusakan sangat parah akibat tabrakan asteroid di atas.

Dari hasil simulasi dengan menggunakan perangkat lunak, NEOimpactor, singkatan dari "NEO" atau Near Earth Object programme NASA, didapati ada 10 negara yang paling mempunyai resiko yaitu: China, Indonesia, India, Jepang, Amerika Serikat, Filipina, Italia, Inggris, Brazil, dan Nigeria.

Dari sepuluh negara yang beresiko, ada lima negara yang berpotensi kehilangan nyawa manusia paling banyak. Kelima negara tersebut adalah China, Indonesia, India, Jepang dan Amerika Serikat. Negara yang menghadapi dampak ekonomi paling parah karena hancurnya infrastruktur akibat tabrakan asteroid adalah Amerika Serikat, China, Swedia, Kanada dan Jepang.

Sekitar seratus tahun yang lalu sebuah kawasan terpencil di dekat Sungai Tunguska menjadi saksi hidup ledakan asteroid yang relatif kecil. Namun demikian, diameter bekas ledakan mencapai sekitar 50 meter dan menghanguskan serta membuat rata hutan. Jika jatuh dan meledak di tengah kota London atau New York, tentu dapat meluluhlantahkan semuanya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done