Misteri Terbesar Planet Venus - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Kamis, 19 April 2018

Misteri Terbesar Planet Venus

Meskipun planet kedua dari matahari dinamai dewi cinta Romawi, Venus adalah sesuatu tapi indah, setidaknya dari perspektif hospitality. Sebagai bukti permulaan, suhu permukaannya hingga mencapai 900 derajat Fahrenheit, dan ini membuat Venus merupakan planet terpanas di tata surya.

Seperti yang Anda bayangkan, mempelajari Venus telah terbukti sulit. Tapi sedikit demi sedikit, para ilmuwan belajar lebih banyak tentang planet tetangga terdekat Bumi ini. Berikut ini adalah beberapa misteri terbesar tentang obyek terang di langit kita setelah matahari dan bulan:

Iklim pergi untuk merusak

Venus kadang-kadang disebut sebagai "kembaran jahat" Bumi. Dalam hal ukuran, komposisi dan lokasi orbit, neraka Venus sebenarnya merupakan planet yang paling mirip dengan planet yang kita miliki (paling tidak seperti yang kita tahu). Pada awal dalam sejarah Venus, para ilmuwan berpikir, bahwa dunia ini kemungkinan banyak seperti Bumi, dengan lautan dan iklim yang lebih dingin.

Baca juga:

Tapi lebih dari beberapa miliar tahun, efek rumah kaca tampaknya telah mengambil alih. Venus adalah kira-kira sepertiga lebih dekat ke matahari daripada Bumi, dan karena itulah maka Venus menerima dua kali jumlah sinar matahari. Panas yang berlebihan menyebabkan penguapan yang lebih besar dari permukaan air pada awalnya. Pada gilirannya, uap air yang terperangkap menjadi lebih panas, pada tahapan selanjutnya, pemanasan planet ini memicu penguapan secara berlebihan, dan seterusnya, sehingga mengakibatkan lautan lenyap.

Mencari tahu persisnya kapan dan bagaimana Venus menjadi tungku pemanas akan membantu kita dalam pemodelan iklim bumi yang berubah, serta menghindari kemungkinan bumi berbagi nasib sama seperti Venus.

Super-atmosfer berputar 

Venus ternyata berputar pada porosnya jauh lebih lambat daripada Bumi - satu hari Venus pun berlangsung sama dengan 243 hari di Bumi, yang lebih dari satu tahun Venus, yang memakan waktu 224 hari Bumi. Angin di puncak awan Venus bisa mencapai 220 mil per jam (360 kilometer per jam), atau sekitar 60 kali kecepatan perputaran planet. (Angin disebabkan sebagian oleh rotasi planet.) Persamaannya, jika angin yang sama bertiup di bumi, angin awan khatulistiwa akan mencapai kecepatan yang menakjubkan yaitu 6.000 mil per jam (9.650 kilometer per jam).

Spinning mundur
 
Semua planet di orbit tata surya matahari dalam arah yang berlawanan bila dilihat dari kutub utara matahari, dan hampir semua berputar dalam arah yang sama pada sumbu mereka. Tidak begitu di Venus, yang memiliki rotasi retrograde (Uranus melakukan hal ini, juga). Di Venus, dengan kata lain, matahari terbit di barat dan terbenam di timur.

Flash, boom?
 
Ini masih merupakan pertanyaan terbuka jika memang zaps petir dari awan Venus. Meskipun pesawat ruang angkasa Venus Express telah "mendengar" elektromagnetik statis yang menghasilkan karakteristik petir di Bumi, kamera belum menangkap flash optik yang jelas, kata Grinspoon.

Baca juga:
 
Bagaimana petir ini mungkin termasuk bentuk misterius juga. Di Bumi, peran kunci dimainkan oleh kristal es dalam awan, bahan yang ada di pasokan pendek di atmosfer hiper-kering Venus.

Hot spot kehidupan Alien?
 
Grinspoon mengatakan, ada argumen yang masuk akal untuk kehidupab Venus - bukan di permukaan planet super panas, tetapi dalam awan. Sekitar 30 kilometer, ada tempat yang bisa ditinggali di mana tekanan dan suhu sama dengan. Untuk energi, makhluk mengambang menyerupai bakteri bisa menggunakan sinar matahari yang cukup atau bahan kimia di awan . Tentu saja, makhluk ini akan mentolerir asam sulfat, tapi yang disebut di Bumi dengan extremophiles telah menunjukkan bahwa kehidupan dapat berkembang bahkan dalam lingkungan yang paling keras.

"Awan ini perlu ditelusuri karena berbagai alasan," kata Grinspoon, "dan salah satunya adalah kemungkinan semacam kehidupan yang eksotis."

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done