Io, Bulan Jupiter, Miliki Gunung Berapi Terbanyak - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Selasa, 28 Mei 2019

Io, Bulan Jupiter, Miliki Gunung Berapi Terbanyak

Io-Bulan-Jupiter-Miliki-Gunung-Berapi-Terbanyak

NASA, Badan antariksa Amerika, mengatakan bahwa samudera batu cair atau magma,  yang baru dideteksi di bawah permukaan Io, yang merupakan satu dari beberapa bulan Jupiter, akhirnya diketahui mengapa bulan tersebut memiliki paling banyak gunung berapi aktif dalam tata-surya.

NASA menemukan hal tersebut dalam proses analisis baru-baru ini data yang dikumpulkan sebelumnya dari pesawat penyelidik antariksa Galileo. Pesawat ini terakhir mengorbit planet Jupiter pada tahun 2003.  Para ilmuwan yang terkait dalam proses penelitian baru itu menyebutkan temuan tersebut penting karena hal ini adalah pengukuhan langsung yang pertama bahwa Io mempunyai lapisan magma cair atau sebagian cair di bawah permukaan.

Para ilmuwan terkait mengatakan samudera magma bulan Jupiter paling sedikit berkisar sekitar 50 kilometer dalamnya dan mempunyai temperatur atau suhu panas di atas 1.200 derajat Celsius. Hal tersebutlah yang oleh para peneliti dikatakan bahwa inilah sebabnya gunung-gunung berapi Io tersebar merata di seluruh permukaannya bukan hanya di “tempat-tempat panas” kawasan tertentu seperti di Bumi.

Bulan Io merupakan satu-satunya benda angkasa dalam tata-surya selain Bumi yang telah diketahui mempunyai gunung berapi dengan magma sangat aktif.  Walaupun hanya sedikit lebih besar daripada Bulan bumi, gunung berapi di Io memuntahkan 100 kali lipat lava setiap tahun dari lava semua gunung berapi di Bumi.

Letusan gunung berpai di Io dapat mengepulkan asap partikel vulkanis sejauh 300 kilometer ke atas permukaannya dengan kecepatan hingga satu kilometer per detik. Tentu ini lebih dari 20 kali lipat kecepatan letusan gunung berapi yang paling kuat di bumi.

Satu tim ilmuwan dari Universitas Kalifornia dan Universitas Michigan mengadakan penelitian baru itu, yang akan dimuat dalam jurnal “Science.”

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done