Fenomena Matahari Halo Di Yogya - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Kamis, 06 Januari 2011

Fenomena Matahari Halo Di Yogya

halo matahari
Warga Yogya sempat heboh dalam beberapa menit lalu. Sebuah pemandangan matahari yang tidak biasa menghiasi lagit Yogya dan sekitarnya.

Ditengah cuaca yang cukup cerah, Selasa (4/1/2011), warga Yogya dan sekitarnya, termasuk di wilayah Gunungkidul melihat matahari dikelilingi oleh kabut warna warni, mirip sebuah cincin pelangi.

"Matahari ada cicinnya. Wah ada apalagi ini?" kata Frans Edi salah seorang pegawai Diskominfo Gunungkidul yang terperangah dengan pemandangan tersebut.

Sementara itu warga masyarakat di kota Wonosari tidak sedikit yang mengabadikan melalui kamera, yang kebanyakan berasal dari kamera di telepon seluler. Bahkan ada sebagian yang rela berpanas-panasan untuk berfoto.


Tidak sedikit masyarakat yang melihat sebagai tanda alam akan datangnya bencana.

"Saya baru pertama kali ini melihat. Ini peristiwa yang jarang terjadi. Mungkin ini pertanda alam akan terjadinya bencan," kata gunawan sambil berfoto.

Namun begitu, tidak banyak warga yang menilai hal ini dengan positif. Bahkan menganggap pemandangan ini sebagai kebesaran tuhan.

"Lihatlah kebesaran tuhan lewat fenomena alam berupa matahari dilingkari pelangi," tulis SMS seorang warga Yogya kepada okezone.

Fenomena ini disebut dengan Halo, sebuah fenomena optik yang terbentuk dari hasil pembelokan cahaya Matahari oleh partikel uap air di atmosfer.

Dikutip melalui situs NASA, fenomena Halo terjadi karena saat musim sebagian partikel uap air naik ke atmosfer dan memiliki kemampuan untuk membiaskan cahaya yang dikeluarkan matahari. Fenomena ini hampir sama dengan proses pembentukan pelangi yang datang setelah hujan turun. Tidak heran jika kemudian lingkaran itu mengeluarkan cahaya warna-warni seperti pelangi dengan lingkaran gelap di sekeliling matahari akibat matahari berada tegak lurus dengan bumi.

Fenomena ini terjadi tidak terlalu lama. Hingga kini dikabarkan cincin yang mengitari matahari itu sudah menghilang dan pemandangan matahari kembali normal.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done