Panduan Menyaksikan Hujan Meteor Aquariids - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Jumat, 06 Mei 2011

Panduan Menyaksikan Hujan Meteor Aquariids

Panduan Menyaksikan Hujan Meteor Aquariids. Untuk menonton hujan meteor Eta Aquariids nanti malam hingga dua hari ke depan ada baiknya membaca beberapa panduan di bawah ini:

Pertama, hujan meteor Eta Aquariids bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia, ini berarti siapapun bisa melihat fenomena ini dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan alat bantu apapun.

"Hujan meteor ini berlangsung sejak akhir April sampai pertengahan Mei, yang puncaknya ada di tanggal 6 sampai 8 Mei," ujar Profesor Dr Thomas Djamaluddin, pakar Astronomi dan Astrofisika dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), di Jakarta, Jumat (6/5/2011).

Kedua, Thomas mengatakan bahwa saat terbaik untuk menonton hujan meteor Eta Aquariids adalah saat sebelum sampai sesudah Shubuh. Jadi sebaiknya Anda tidur agak awal agar bisa bangun di saat hujan meteor terjadi.

Ketiga, dikatakan pula oleh Thomas bahwa untuk melihat hujan meteor ini ada beberapa syarat kondisi, yakni langit harus cerah dan bebas polusi cahaya. Jadi sebaiknya matikan lampu dan naik ke lantai atas rumah atau cari lokasi yang gelap dan agak tinggi untuk menyaksikan hujan meteor ini.

Keempat, Thomas Djamaluddin juga mengatakan bahwa hujan meteor Eta Aquariids tidak akan mengancam Bumi. Jadi janganlah cemas kalau nanti meteor tersebut akan menabrak rumah Anda.

Kelima, cuci muka agar tidak mengantuk ketika melihat hujan meteor Eta Aquariids, karena di masa puncaknya Thomas Djamaluddin mengatakan bakal ada 60 meteor yang meluncur tiap jamnya.

Keenam, kalau Anda tetap melewati fenomena ini, santai saja, karena hujan meteor Eta Aquariids menurut Thomas terjadi setiap tahunnya pada bulan April sampai Mei. Tunggu saja sampai tahun depan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done