Tiga Peristiwa Langka : Gerhana Bulan dan Matahari di bulan Juni dan Juli - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Sabtu, 28 Mei 2011

Tiga Peristiwa Langka : Gerhana Bulan dan Matahari di bulan Juni dan Juli


Sesaat sebelum tengah malam pada tanggal 1 Juni di Tromsø, Norwegia,
gerhana matahari sebagian akan menggantung tepat di atas cakrawala utara.
KREDIT: Starry Night Software

Pada bulan depan, dunia akan mengalami tiga peristiwa gerhana: dua gerhana Matahari parsial dan satu gerhana Bulan total yang terjadi di antara dua gerhana Matahari parsial tersebut, dan semuanya dimulai dengan apa yang disebut dengan "midnight" eclipse of the sun (gerhana matahari “tengah malam”).

Sebuah gerhana matahari di tengah malam? Bagaimana mungkin?

Hal ini dapat terjadi pada pertengahan musim panas di dekat dataran tinggi Arktik. Dan itu akan terjadi pada minggu depan pada tanggal 1 dan 2 Juni, terlihat di sebelah utara hingga mencapai Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Gerhana matahari 'tengah malam' tanggal 2 Juni

Gerhana dimulai pada Kamis, 2 Juni, saat fajar di Cina utara dan Siberia, kemudian bergerak menyeberangi Arktik, melintasi garis tangga international dan berakhir di sore hari pada hari Rabu, tanggal 1 Juni di Kanada timur laut.

Gerhana matahari dimulai Kamis dan berakhir Rabu? Benar! Gerhana dimulai pada hari Kamis dan berakhir pada hari Rabu karena garis tanggal international. Karena pengamat di Rusia utara dan Skandinavia akan mengamati peristiwa terebut di atas Kutub Utara, mereka benar-benar akan melihatnya dalam apa yang, bagi mereka, adalah tengah malam 1 dan 2 Juni.

Gerhana matahari : tak seorangpun akan melihatnya pada 1 Juli

Tepat sebulan kemudian, pada Jumat, 1 Juli, terjadi gerhana yang sama anehnya di Antartika.
Gerhana matahari : tak seorangpun akan melihatnya
CREDIT: Starry Night Software
Karena ini adalah musim dingin selatan, matahari akan berada di bawah cakrawala untuk hampir semua wilayah di Antartika, kecuali hamparan pantai selatan Madagaskar. Satu-satunya tempat gerhana akan tampak di cakrawala adalah area kecil dari Samudra Selatan, jauh di sebelah selatan Afrika Selatan.
Kemungkinannya adalah bahwa gerhana ini akan disaksikan hanya oleh penguin dan burung laut.

Gerhana bulan 15 Juni

Tepat di tengah-tengah antara dua gerhana matahari parsial, akan ada gerhana bulan total pada hari Rabu, tanggal 15 Juni.

Gerhana akan terlihat oleh jutaan orang di Afrika, Timur Tengah dan Asia barat daya. Ini akan terlihat sebagai bulan terbit di sore hari di Amerika Selatan dan Eropa, dan sebagai bulan terbenam sebelum fajar di Asia Timur dan Australia.

Sayangnya, hal itu tidak akan terlihat di mana saja di seluruh di Amerika Utara.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done