Asteroid Sebesar Rumah Dekati Bumi - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Selasa, 28 Mei 2019

Asteroid Sebesar Rumah Dekati Bumi

Asteroid Sebesar Rumah Dekati Bumi

Asteroid sebesar rumah pernah terdeteksi mendekati bumi Sebuah asteroid sebesar rumah dekati Bumi. asteroid yang bernama 2011 MD itu baru saja terdeteksi sedang dalam perjalanan menuju ke Bumi. Walau mendekati bumi, tetapi diperkirakan titik terdekatnya yakni pada 27 Juni mendatang, asteroid yang berukuran sama dengan sebuah rumah tersebut hanya akan melintas di dekat Bumi dalam jarak aman yaitu sekitar 17.700 kilometer.

Walau dikatakan aman, jarak 17.700 kilometer adalah jarak yang sangat dekat dengan bumi, karena 23 kali lipat lebih dekat dibanding jarak Bumi dengan Bulan.

Keuntungan dari jarak dan besarnya asteroid yang diberi nama 2011 MD tersebut adalah dimungkinkannya para pengamat langit yang hanya bermodalkan teleskop kecil sekalipun sudah dapat melihatnya. Titik terdekat asteroid dengan Bumi akan terjadi pada jam 13:26 GMT atau sekitar pukul 20:26 WIB.

Asteroid 2011 MD ini ditemukan pada tanggal 22 Juni kemarin 2011 oleh LINEAR, yaitu sepasang teleskop robotik yang berada di New Mexico, Amerika Serikat. Teleskop Linear ini mempunyai kemampuan memindai atau melakukan proses scaning kawasan langit guna menemukan asteroid yang berada di dekat Bumi.

Pada saat ini, yaitu tanggal 24 Juni 2011, asteroid 2011 MD diperkirakan memiliki ukuran lebar antara 9 sampai 45 meter. Dan menurut Emily Baldwin, seorang astronom dari Astronomy Now, asteroid ini tidak sampai membahayakan kehidupan di Bumi.

Walau sebesar rumah, bila ia masuk atmosfir akan habis terbakar di angkasa.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done