Perbedaan Asteroid, Komet dan Meteorid - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Selasa, 28 Mei 2019

Perbedaan Asteroid, Komet dan Meteorid

asteroid

Dalam pandangan Near Earth Object Program NASA, asteroid adalah benda berbatu yang ukurannya relatif kecil dan tidak aktif serta mengorbit Matahari.

Komet, juga memiliki ukuran relatif kecil, akan tetapi terkadang merupakan suatu benda aktif yang menguapkan es yang dimilikinya ketika terkena sinar matahari dan kemudian membentuk atmosfir (coma) yang terdiri dari atas debu dan gas. Terkadang, dikarenakan komet bergerak sangat cepat, maka terbentuklah ekor yang terdiri atas debu dan atau gas.

Sedangkan Meteorid adalah partikel kecil yang terlepas dari komet ataupun asteroid. Di antara ketiga benda ini, asteroid adalah benda yang paling menarik untuk dipelajari para ilmuwan.
Sebagaimana diketahui, sampai saat ini, ilmuwan belum dapat memahami seluruhnya bagaimana kehidupan awal terbentuk dari zat organik yang tidak hidup, bisa tumbuh dan berkembang di Bumi. Dari mempelajari asteroid, dapat diketahui informasi dan penjelasan lebih banyak.

Sebagaimana tertuang dalam Fox News, 30 Juni 2011, asteroid seperti 2 Pallas dan 10 Hygiea, yang diyakini pernah memiliki air, tampak memiliki senyawa organik (berbasis karbon) di dalamnya.

Pada saat ini, asteroid tersebut mempunyai komposisi kimia yang lebih primitif (jadul)bila dibandingkan dengan Bumi. Kondisinya serupa atau mirip dengan pada saat tata surya kita masih baru terbentuk. Pendapat ini dikatakan oleh Carol Raymond, Deputy Principal Investigator NASA. Dia juga mengatakan bahwa dengan mempelajari asteroid, dapat diketahui bagaimana kehidupan bisa muncul di planet ini.

Raymond menyebutkan, ada beberapa kondisi yang menjadikan Bumi sangat kondusif bagi kehidupan di masa lalu. “Selain itu, ilmuwan berpendapat bahwa asteroid yang mendarat di Bumi pada zaman dahulu kala telah memberikan materi pembentuk yang membantu memulai kehidupan di planet ini,” ucapnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done