Badai Terbesar di Saturnus - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Senin, 27 Mei 2019

Badai Terbesar di Saturnus

saturnus, badai saturnus
Peristiwa badai di planet Saturnus berhasil direkam oleh Ilmuwan NASA, baik visual maupun suara. Luas badai di planet tersebut adalah delapan kali lebih luas dari permukaan Bumi.

Badai terbesar di planet Saturnus tersebut pertamakali berhasil terdeteksi oleh Cassini lintasan sekitar 35 derajat lintang utara pada Desember tahun 2010 lalu, dan tampak badai itu sudah berkecamuk sejak saat itu. Kamera pencitraan Cassini memperlihatkan badai membungkus dan melingkupi seluruh permukaan planet, yang luasnya sekitar 1,5 miliar mil persegi.

Badai yang baru saja terekam adalah 500 kali lebih besar dari badai terbesar sebelumnya yang sempat terlihat oleh Cassini sejak tahun 2009. Tampak kilatan kilat berkedip sebanyak 10 kali lebih intens dibandingkan dengan yang telah terlihat pada badai yang lain. Paling intens, badai kilat yang dihasilkan lebih dari 10 kali per detik.

Andrew Ingersoll menyatakan kalau Satelit Cassini memperlihatkan kepada kita bahwa planet Saturnus adalah bipolar. Saturnus tidak seperti Bumi dan Jupiter. Di antara ketidaksamaannya adalah di sana cukup sering terjadi badai yang muncul bersama selama bertahun-tahun dan kemudian meledak sangat keras. Saya senang, bahwa kami bisa melihat cuaca yang begitu memukau pada jam tangan kami.

Cassini berhasil mendeteksi badai petir yang terjadi di Saturnus sejak 10 pesawat memasuki orbit planet dan belahan Bumi selatan mengalami musim panas, dengan pencahayaan matahari penuh.

Sementara itu Georg Fischer mengatakan, "Badai ini sangat mendebarkan. Hal ini karena peristiwa ini menunjukkan bagaimana pergeseran musim dan pencahayaan matahari dapat secara dramatis membangkitkan cuaca di Saturnus. Kami telah mengamati badai di Saturnus selama hampir tujuh tahun, sehingga pelacakan badai begitu berbeda dari yang lain dan telah menempatkan kami di tepi kursi kami.

Badai yang terjadi di planet Saturnus terbaru tersebut merupakan kegiatan pertama dari kampanye baru badai Saturnus yang dapat disaksikan, dimana Cassini memantau lokasi badai.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done