Pelangi Tersenyum - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Selasa, 28 Mei 2019

Pelangi Tersenyum


Pelangi Tersenyum? ya! paling tidak gambar pelangi di atas adalah seperti gambar mulut tersenyum. Biasanya, mulut tersenyum digambarkan dengan garis melengkung keatas.

Melihat gambar di atas, tentu ada yang berbeda dari tampilan pelangi di Leicestershire, Inggris. Bila biasanya lengkungan pelangi adalah melengkung ke bawah, akan tetapi pada gambar pelangi di atas menunjukkan fenomena anomali atau tidak seperti biasanya.

Pelangi yang muncul pada Jumat 1 Juli sore saat rintik gerimis itu ternyata melengkung ke atas, layaknya simbol sebuah mulut tersenyum.

Badan meteorologis dan geofisika setempat mengatakan bahwa fenomena tersebut terjadi pada ketinggian awan 20.000 hingga 25.000 kaki. Pada ketinggian sekitar itu terdapat awan tipis yang terbuat dari kristal-kristal es kecil.

Munculnya pelangi dengan pola layaknya mulut tersenyum tersebut merupakan hasil dari fenomena alam dan dipahami sebagai akibat kondisi atmosfer yang sudah tidak normal. Pelangi dengan pola tersenyum sangat jarang terlihat di luar Kutub Utara dan Selatan.

Fenomena pelangi tersenyum tersebut hanya muncul beberapa menit di kawasan landlocked Leicestershire.

Bentuk lengkungan pelangi yang terbalik dari biasanya juga menyebabkan bias urutan warna pelangi yang juga terbalik, yakni dengan urutan warna ungu di atas dan merah di bagian bawah. Pelangi ini cepat menghilang karena awan tipos yang mengandung kristal es tersebut mengalami pergeseran pada posisi mereka.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done