Suhu Matahari Turun 1 Derajat? - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Senin, 27 Mei 2019

Suhu Matahari Turun 1 Derajat?

matahari, bintik matahari, badai matahari, foto telanjang, foto hot, gambar hot

Akibat turunnya aktvitas bintik Matahari

Beberapa hari yang lalu atau tepatnya sepekan lalu, sekelompok ilmuwan megatakan akan adanya kemungkinan tentang perubahan iklim yang bisa hilang. Walaupun untuk sementara saja. Analisis ini didasarkan pada penelitian yang mereka lakukan terhadap aktivitas bintik Matahari.

Sebagaimana dalam posting yang lebih dulu dalam blog ini, dikatakan bahwa dari tiga penelitian yang berbeda, tampak tanda-tanda jumlah bintik Matahari akan mengalami proses berkurang. Jika bintik Matahari berkurang, energi yang terpancar juga akan ikut mengalami penurunan. Disinyalir, hal ini akan memberi dampak pada panas terik Matahari di muka bumi akan reda.

Temuan ini sesaat memicu "kegembiraan" karena pemanasan global tidak lagi menjadi masalah yang akan dihadapi oleh manusia di bumi.

Namun demikian, ada pendapat sebagaimana dikutip dari Good Environment, 22 Juni 2011, sejumlah peneliti mengatakan bahwa meski Matahari masuk ke periode istirahat, dan menyebabkan panas yang dipancarkan berkurang, bumi masih tetap tidak bisa menghindarkan diri perubahan iklim.

Pada abad ke-17, ketika Matahari masuk ke periode hibernasi, suhu di planet Bumi memang mengalami penurunan. Tetapi saat itu, penurunan suhu Bumi tidak semata-mata hanya disebabkan oleh berkurangnya pancaran energi dari Matahari.

Dalam periode yang sama, walaupun tidak ada kaitannya dengan aktivitas Matahari, di bumi terjadi pula aktivitas vulkanik yang mengakibatkan naiknya awan debu ke atmosfir, yang ikut serta dalam menghalangi sinar Matahari.

Menurunnya aktivitas Matahri yang diperkirakan terjadi pada tahun 2012 itu tentu akan memberikan efek pada Bumi. Tetapi diyakini bahwa proses pendinginan sebagai akibat berkurangnya aktivitas bintik Matahari itu diperkirakan tidak akan mencapai apalagi melebihi 1 derajat Fahrenheit.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done