Cara Mengambil Data dari Kotak Hitam - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Minggu, 19 Februari 2017

Cara Mengambil Data dari Kotak Hitam

black box, CVR, FDRSetiap terjadi kecelakaan penerbangan, termasuk pesawat Sukhoi SJ10 yang selalu menjadi bahan pembicaraan adalah kotak hitam (black box), selain korban dari kecelakaan tersebut. Blakc box tersebut juga menjadi target pencarian dengan misi harus ketemu.

Black box menjadi sangat penting karena didalamnya ada rekaman percakapan antara pilot dan menara pengawas dan juga aktifitas lain di dalam kokpit. Dengan ditemukannya benda tersebut maka ada harapan penyebab kecelakaan akan terungkap, minimal akan mendapatkan petunjunk penting.

Setelah kotak hitam dari pesawat yang mengalami kecelakaan sudah ditemukan maka pekerjaan selanjutnya adalah mengambil Cockpit Voice Recorder (CVR).

Langkah selanjutnya adalah memutar materi pada alat perekam dengan cara menghubungkannya pada sistem pembaca. Pada perekam solid-state, penyelidik dapat mengekstrak data hanya dalam bberapa menit.

Sering dijumpai, perekam data kokpit ini ditemukan dalam reruntuhan pesawat dengan kondisi sudah tidak bagus lagi dan terbakar. Jika demikian halnya maka papan memori harus dikeluarkan, dibersihkan, dan mengganti kabel antarmuka memori dengan yang baru.

alat pengambil data kotak hitam
Bila semuanya sudah mungkin maka memori akan terhubung dengan perekam yang dapat bekerja. Perekam yang digunakan mempunyai software khusus dengan tujuan untuk memudahkan pengambilan data tanpa merusak data yang di dalamnya.

Untuk pekerjaan ini, sangat memerlukan tim ahli. Maka dari itu, tim ahli umumnya dilibatkan dengan tugas menginterpretasi semua data yang tersimpan dalam CVR. Tim yang terlibat diambil dari representasi maskapai, wakil dari produsen pesawat, pakar keamanan transportasi, dan penyelidik keamanan udara.

Tim ini bekerja dengan sangat serius dan hati-hati serta sangat seksama agar dapat bekerja dengan sukses. Dalam proses selanjutnya, mereka akan mencerna dengan teliti percakapan dan suara yang terekam selama 30 menit dalam CVR. Karena ketelitian dan kehti-hatian maka proses tersebut dapat berlangsung sangat lama.

FDR dan CVR merupakat adalah dua perangkat fital dan sangat berharga dalam penyelidikan kecelakaan pesawat. Kedua perangkat ini terkadang menjadi hal dan penumpang yang selamat dalam kecelakaan pesawat.

Jika ditemukan dengan kondisi perekam yang masih baik maka perangkat tersebut menjadi petunjuk penting untuk mengungkap penyebab kecelakaan tanpa ada cara lainnya. Karena perannya yang sangat besar inilah maka para penyelidik selalu mencari kotak hitam atau black box.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done