Ditemukan Bulan Baru Mengelilingi Pluto - Berita Antariksa Terbaru
News Update
Loading...

Minggu, 19 Februari 2017

Ditemukan Bulan Baru Mengelilingi Pluto

P4 bulan baru pluto
National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengungkapkan bahwa para ahli astronomi telah menemukan bulan keempat yang mengelilingi planet es kerdil, Pluto.

Sebagaimana diungkapkan oleh The Hindu, Senin (25/7/2011), satelit baru berukuran kecil yang pada saat sekarang ini disebut dengan P4 tersebut, ditemukan dalam sebuah penelitian dengan menggunakan teleskop angkasa Hubble saat mencari cincin di area seputar Pluto.

P4 untuk pertama kali dilihat dalam sebuah foto yang diambil dengan menggunakan Wide Field Camera dari teleskop Hubble pada tanggal 3 dan 18 Juli 2011.

Bulan yang untuk sementara disebut dengan P4 tersebut katakan oleh ilmuwan sebagai objek angkasa terkecil yang ditemukan mengelilingi Pluto. Diperkirakan bahwa P4 memiliki diameter hanya 13 sampai 34 kilometer. Sebagai perbandingan, Charon, satelit terbesar yang dimiliki Pluto memiliki diameter sebesar 1.043 km. Sementara dua bulan lainnya milik Pluto, Nix dan Hydra, memiliki diameter sebesar 32 sampai 113 kilometer.

Tempat orbit P4 berada di antara orbit bulan Nix dan Hydra, yang keduanya juga ditemukan oleh teleskop angkasa Hubble pada tahun 2005.

Satelit terbesar milik Pluto, Charon, pertama kali ditemukan pada tahun 1978 di Naval Observatory Amerika Serikat (AS), dan pertama kali diteliti menggunakan teleskop angkasa Hubble pada tahun 1990, sebagai bagian yang terpisah dari Pluto.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done